PROFIL MADRASAH

Sejarah Madrasah Ibtidaiyah Cahaya

Madrasah Ibtidaiyah Cahaya merupakan sekolah dasar yang berciri khas Islam, yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam An Nur dibawah Kementerian Agama Kota Cimahi.

Pada awalnya gagasan berdirinya MI Cahaya dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa pendidikan harus berkualitas dan harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, baik masyarakat bawah, menengah, maupun atas (dari segi social ekonomi). Atas dasar pemikiran tersebut beberapa orang penggagas berdiskusi merumuskan sekolah yang tepat dengan ide pemikiran tersebut.

Konsep sekolah yang dikembangkan di MI Cahaya mengupayakan keterpaduan nilai-nilai Islam dengan keseluruhan kompenen dalam pendidikan. Nilai-nilai Islam menjadi bingkai keseluruhan proses yang dilakukan di MI Cahaya. Bahwa nilai religius merupakan nilai dasar kehidupan manusia menjadi pemikiran kuat bahwa anak sejak usia dini harus memiliki pondasi religi sebagai awal pembentukan karakter anak.

Para penggagas MI Cahaya dengan latar belakang pendidikan yang beragam mencoba membangun konsep pendidikan di MI Cahaya dengan pendekatan proses. Artinya bahwa proses pendidikan yang berlangsung merupakan nilai penting yang menjadikan anak didik memperoleh pengalaman hidupnya. Hasil hanyalah dampak dari proses yang dilakukan.

Pendiri MI Cahaya diantaranya adalah :

  1. KH. Drs. Adang Tadjuddin, M.Si ( Pejabat di Kementerian Agama Provinsi  Jawa Barat)
  2. Hj. Windu Wulan (Pengelola Madrasah Diniyah Annur)
  3. Wildan Taufik, S.ThI (Guru)
  4. Ahmad Rumli, S.Ag (Guru)
  5. Saeful Rohman, S.PdI (Guru)
  6. Syarif Arifin, S.Ag (Guru)
  7. Ir. Wissya Maryanti (Guru)

Akhirnya pada 1 September 2009  MI Cahaya berdiri. Madrasah Ibtidaiyah Cahaya (MI Cahaya) berlokasi di Jl. Cigugur Tengah No. 238 RT.06 RW.10 Kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimah

Di tahun pertama pada tahun pelajaran 2009/2010 MI Cahaya menerima siswa sebanyak 23 orang. Gedung yang digunakan adalah gedung Madrasah Diniyah lantai II. Tenaga pendidik pada saat itu berjumlah tiga orang, yaitu Ahmad Rumli, S.Ag (Kepala Madrsah), Saeful Rohman, S.Pd.I (Guru), Fitri Rahmawati, S.HI (Guru).